Spirit of Kaizen

Bagi yang belum mengerti kaizen, kaizen adalah continuous improvement artinya perbaikan yang berkesinambungan. Namun kaizen berbeda dengan inovasi, karena inovasi  lebih menekankan pada teknologi, sementara kaizen menekankan pada SDM. Di postingan yang lain saya akan coba paparkan apa perbedaan inovasi dan kaizen.

Dahulu kala jepang adalah negara yang tidak disiplin dan bermoral rendah dimata orang-orang eropa, sehingga pada jaman tersebut terdapat stigma “apabila ingin menjadi orang yang modern harus berpaikaian layaknya orang-orang eropa”. Sampailah pada suatu titik dimana jepang menyadari akan stigma tersebut, sehingga pemerintahan jepang membuat aturan-aturan untuk merubah pola hidup orang jepang.

Untuk menjadi versi jepang yang dikenal banyak orang “negara disiplin” saat ini diperlukan proses yang panjang. Pada tahun 1868 (gue belum kepikiran untuk dibikin bok), Pemerintah baru jepang melalui Kaisar Meiji , mengumumkan falsafah baru yang terdiri dari 5 dasar  :

  1. Libatkan publik dalam diskusi dan dalam pengambilan keputusan.
  2. Seluruh elemen masyarakat harus proaktif dan terlibat dalam tugas kenegaraan.
  3. Seluruh rakyat harus proaktif mengejar cita-cita masing-masing.
  4. Buang tradisi lama yang sudah ketinggalan zaman dan menghambat kemajuan, serta segala hal harus diwujudkan berdasarkan hukum dan keadilan universal.
  5. Kejar ilmu keseluruh dunia demi kejayaan negara.

Berikut adalah konsep kerangka Kaizen.

Kaizen
Kaizen

Menarik ya, seandainya bangsa kita bisa mengikuti apa yang sudah dilakukan oleh tetangga kita, sungguh baiknya bangsa ini. Namun kembali lagi, untuk menerapkan kaizen perlu ber-puluh-puluh tahun. Mari memulai dari pribadi kita masing-masing untuk tetap semangat menjadi dan senantiasa lebih baik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *