Manfaat dan Kontribusi Big Data

Manfaat dan Kontribusi Big Data

Secara substansial Big Data bukanlah sekedar data yang besar atau mungkin bahasa yang rada benar *tapi dikit* informasi yang tak terbatas.
Tetapi lebih cenderung ke bagaimana meng-interpretasikan data tersebut sehingga mempunyai add value.
Sebagai ilustrasi sederhana, dalam dunia bisnis big data lebih kearah bagaimana menjadikan bisnis lebih berkembang pesat dengan me-utilisasikan data yang ada serta memprediksi tren dimasa yang akan datang. Selain hal tersebut, dengan adanya big data, perusahaan juga bisa memproyeksikan resiko yang akan di hadapi kedepanya, sehingga bisa mempersiapkan langkah preventif untuk mengantisipasi hal tersebut.

Back to the point. Lalu apa sebenarnya kegunaan big data.

  1. Membaca behaviour (perilaku) pengguna internet (contoh : interest / ketertarikan, hobi, kegemaran berdasarkan pekerjaan, usia, jenis kelamin) .
  2. Dengan adanya point 1, maka pebisnis dapat melakukan mengaplikasikan strategi marketing yang lebih efektif dan tertarget (contoh fb ads, google adwords).
  3. Mendeteksi penipuan dalam transaksi.
  4. Mendeteksi lebih dini resiko yang akan dihadapi apabila mengimplementasikan model baru.

Mungkin teman-teman bisa memberikan input terkait manfaat big data yang saat ini teman-teman lakukan.

Menurut saya, Big Data mempunyai potensi yang cukup besar kedepanya. Hal ini semakin menggeliatnya teknologi-teknologi yang digunakan untuk mengolah Big Data.

Bagaimana, tertarik dengan peluang ini. Pada catatan selanjutnya saya akan tulis teknologi-teknologi Big Data yang saat ini digunakan.

Sekian dulu, semoga bermanfaat.

 

Salam.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *